Jumat, 18 Februari 2011

KOMUNIKASI DALAM PELAYANAN KESEHATAN

               Profesi dokter merupakan suatu profesi yang selalu berinteraksi dengan berbagai individu dengan berbagai karakter  serta latar belakang suku, agama, dan pendidikan baik di setting pelayanan (dengan pasien) maupun dalam setting organisasi (dengan perawat, bidan dan tenaga kesehatan lainnya). Untuk itu, keterampilan komunikasi mutlak diperlukan karena dokter terus berinteraksi dengan berbagai tenaga kesehatan, baik fungsional maupun administratif terlebih bila dokter tersebut bekerja dalam lembaga dengan struktur organisasi yang besar dan kompleks seperti di puskesmas dan rumah sakit. Dengan keterampilan komunikasi yang baik, maka akan terbangun hubungan antar-individu serta teamwork yang solid yang mampu memberikan pelayanan terpadu yang optimal untuk mengatasi permasalahan pasien dan komunitas penduduk di sekitar pelayanan kesehatan tersebut.

Beberapa studi menunjukkan bahwa pelayanan terpadu dalam menangani permasalahan kesehatan pasien dengan lebih baik dan efisien serta dapat meningkatkan kepuasan pasien. Bentuk komunikasi yang dapat dipraktikkan dalam setting organisasi kesehatan ini dapat berupa pertemuan rutin, briefing singkat para petugas kesehatan, hingga komunikasi secara tertulis (melalui buletin dan majalah internal). Isi komunikasinya juga tidak hanya berupa pemberian feedback untuk kepentingan organisasi tapi juga dapat berupa solusi untuk memecahkan konflik internal yang terjadi.  Bila dalam organisasi seperti itu tidak ada keterampilan komunikasi yang baik antara dokter dan tenaga kesehatan lainnya,maka dapat terjadi peristiwa seperti di X. Kejadian ini menunjukkan bahwa tidak memadai komunikasi yang baik antara berbagai komponen pelayanan kesehatan akan berimbas pada tidak terselenggaranya misi lembaga pelayanan kesehatan masyarakat dan penurunan kualitas dan kuantitas layananan kesehatan pada masyarakat.

Referensi
Bodenheimer, T.,Wagner, E.H., Grumbach, K., 2002. Improving Primary Care for Patients With Chronic Illness. JAMA 288:1775-1779
Grumbach, K., Bodenheimer, T., 2004 . Can Health Care Teams Improve Primary Care Practice?. JAMA 291(10):1246-1251
Eccles, M.P., Hawthorne, G.,  Johnston, M.,  Hunter, M., Steen, M., Francis, J., Hrisos, S., Elovainio, M., Grimshaw, J.M., 2009. Improving the delivery of care for patients with diabetes through understanding optimised team work and organisation in primary care.Implementation Science 4:22

Tidak ada komentar:

Posting Komentar